Jumat, 28 September 2012

Hari Chuseok

Annyeong Chingudeul ..

Hari ini aku ingin membahas tentang Hari Chuseok
Awalnya aku penasaran apa sih sebenarnya hari Chuseok itu? Mungkin teman-teman masih ada yang belum mengerti/mengetahui apa itu hari Chuseok. Yuk kita cari tahu disini hehe..
Supaya teman-teman juga dapat mengetahui apa itu hari Chuseok.
Yuk kita intip penjelasannya J
Chuseok atau ditulis sebagai Chusok (Hari bulan purnama) adalah hari libur resmi di Korea yang dirayakan secara besar-besaran pada bulan ke-8, hari ke-15 kalender lunar.
Perayaan ini berupa pesta makan untuk mengucapkan terima kasih atas keberhasilan panen, sehingga juga disebut juga sebagai Hari Panen, Festival Bulan Musim Panen, atau Hangawi (“han” = “raya”, “gawi” = “tengah”, “hari besar di tengah-tengah musim gugur”.
Di zaman sekarang, perayaan Chuseok merupakan kesempatan orang Korea untuk pulang ke kampung halaman untuk mengunjungi para leluhur (mungkin kalau dinegara kita itu mudik). Di pagi hari, orang Korea melakukan penghormatan terhadap arwah leluhur dalam bentuk ziarah ke makam untuk merapikan tanaman dan tanah sekitar makam. Arwah leluhur juga disuguhi makanan, buah-buahan dan minuman. Hasil panen tahun itu juga ikut dipersembahkan kepada arwah leluhur.
Perayaan Chuseok juga merupakan kesempatan untuk berterima kasih kepada arwah leluhur. Makanan istimewa liburan Chuseok adalah kue Songpyeon (송편) dari tepung beras diisi kacang atau wijen. Malam sebelum Chuseok, semua anggota keluarga akan duduk bersama membuat songpyeon sambil melihat bulan.
Khususnya, para bujangan dan perawan mencoba membuat songpyeon yang sebagus mungkin karena percaya dengan begitu mereka akan mendapatkan pasangan yang cantik atau tampan (unik sekali). Pada hari Chuseok, orang-orang akan saling menghidangkan berbagai makanan dan minuman keras, dan bermain permainan tradisional.
Di samping songpyeon, berbagai hasil kebun dan pertanian yang baru dipanen memenuhi meja makan, antara lain wijen, kedelai, kacang merah, chestnut, dan kurma cina. Permainan dan kesenian tradisional diadakan beramai-ramai dan meriah, seperti sonori (permainan sapi), geobuknori (permainan kura-kura), ganggangsullae (tarian melingkar) dan ssireum (bergulat).

Singkatnya seperti ini

Ciri khas Chuseok, yaitu
  • Kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga 
  • Ritual untuk para leluhur 
  •  “Eumbok”: Orang membagi makanan setelah upacara ritual, yang disebut  ‘eumbok’(semacam bancaan mungkin ya.. kalo di rumah kita)
  • Membersihkan kuburan 
  • Kunjungan kekuburan (ziarah): Ini udah jadi tradisi waktu Chuseok. Ziarah ini dilakuin sebagai bentuk menghormati nenek moyang mereka. 
  • Kegiatan untuk menyambut bulan: katanya nih..klo manjatin do’a waktu bulan purnama, do’anya itu bakal dikabulin.  Doa itu semacam pembaharuan janji terhadap diri sendiri untuk masa depan atau visi masa depan. kegiatan ini mencerminkan diri pada waktu hari malam Chuseok.
Kalau buat sekarang, makna yang terbesar dari hari Chuseok mungkin itu reuni keluarga. Chuseok lebih memiliki arti berbagi rasa dengan orang lain. Menyiapkan bingkisan telah menjadi tradisi selama Chuseok. Secara keseluruhan, Chuseok memiliki makna, cinta pada keluarga, rasa terima kasih dan berbagi rejeki. (seperti saat lebaran saja yaa dapat ampau dari saudara-saudara hehe)

** Jika aku simpulkan, mungkin kalo di Indonesia ini Hari Raya Idul Fitri kali ya.. Karena kegiatannya hampir mirip.

Hari Chuseok menurut kalender Gregorian
·                     2009: 3 Oktober
·                     2010: 22 September
·                     2011: 12 September
·                     2012: 30 September
·                     2013: 19 September
·                     2014: 8 September

Tambahan sedikit ..
Biasanya, dalam perayaan Chuseok ini juga di tandai dengan banyaknya para artis Korea yang merilis foto-foto mereka dengan menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea) yang memaknai bahwa merekapun ikut memeriahkan perayaan adat turun-temurun itu sekaligus ikut melestarikan budayanya serta memberi contoh baik khususnya pada generasi muda di Korea.

DBSK Special Chuseok
Girls Generation YoonA, Yuri & Taeyeon

Nah ini adalah makanan khas untuk perayaan Chuseok di Korea, yang disebut kue Songpyeon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar